menu

Thursday 4 July 2013

a little thinking about.......

Analisis Potensi Diri.......................

Setiap orang pasti memiliki potensi diri masing-masing, namun belum tentu potensi tersebut disadari sehingga mereka tidak dapat mengoptimalkan potensi diri yang dimilikinya. Suatu potensi dalam diri seseorang pun tetap harus diasah dan dikembangkan, agar potensi tersebut dapat secara optimal bermanfaat bagi pemiliknya. Ketika seseorang tidak mengenal potensi dirinya maka potensi itu tidak akan diasah dan dikembangkan sehingga yang terjadi adalah tidak dapat mengoptimalkan potensi tersebut, bahkan menjadi hilang. Inilah pentingnya seseorang untuk mampu menganalisis potensi diri, ketika kita mampu mengenal potensi diri maka kita dapat mengendalikan langkah dan tujuan kita ke depan sesuai dengan potensi yang kita miliki. Kita pun memiliki arahan dalam pengembangan kualitas diri melalui analisis potensi diri ini.
Analisis potensi diri yaitu bagaimana kita dapat menemukan dan mengenal potensi kita baik kelemahan dan kelebihan dalam diri. Potensi tidak selalu hal yang positif dan hal yang menyangkut tentang bakat. Potensi merupakan sesuatu yang dapat dikembangkan dan diarahkan dalam diri seseorang, karena potensi adalah peluang. Maka dari itu, kelemahan dan kelebihan sesorang tergantung dari bagaimana orang tersebut mengarahkan dan mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Ketika kita mengarahkan potensi tersebut ke arah yang salah, maka jadilah kelemahan, begitu pula sebaliknya ketika kita mampu mengembangkan dan mengarahkan potensi tersebut dengan baik ke arah yang benar, jadilah suatu kelebihan.
Perlu adanya kepekaan dalam menganalisis potensi diri, karena inilah cara kita untuk menemukan dan mengenal potensi tersebut. Dengan adanya kepekaan pun yang membantu kita untuk mengarahkan dan memanfaatkan potensi tersebut. Metode dalam analisis potensi diri dapat dengan berbagai cara, namun cara yang paling struktural dan biasa diterapkan yaitu melalui analisis SWOT. Analisis dengan melihat aspek kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam diri kita.

No comments:

Post a Comment